Lompat ke konten

7 Cara Memperkecil Ukuran PDF di Word dan Tanpa Aplikasi

Jika-sudah-sekarang-kamu-perlu-mencari-opsi-Optimize-for-untuk-memperkecil-ukuran-dari-file

Sebenarnya, cara memperkecil ukuran PDF tidak terlalu rumit untuk dilakukan. Apalagi, cara-caranya pun juga sejujurnya ada beragam, dan masing-masing di antaranya memiliki tahapan yang mudah. Bahkan, salah satunya juga ada yang tidak mengharuskanmu untuk mengunduh aplikasi tertentu terlebih dahulu.

Umumnya, seseorang akan mencari cara memperkecil ukuran file PDF ketika mereka merasa ada yang kurang dengan format datanya tersebut, sehingga file yang harus dikirim tidak sesuai dengan kebijakan pengiriman.

Untuk mengatasi permasalahan ringan seperti ini, kamu bisa memperkecil terlebih dahulu ukuran dari file PDF yang kamu miliki tersebut. Maka dari itu, jika kamu sedang mengalami permasalahan yang seperti ini, kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang kamu sudah bisa mengatasi kendala ini dengan mudah.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Tanpa Menggunakan Aplikasi

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal artikel, sekarang sudah ada banyak cara memperkecil ukuran dokumen berformatkan PDF yang tidak akan membuatmu merasa ribet ketika melakukannya. Beberapa di antaranya memiliki tahapan yang mudah dan simpel, bahkan tidak perlu menggunakan aplikasi apapun.

Tentu hal ini akan menjadi keuntungan bagimu. Sebab, tak jarang dari kalian pasti pernah mengalami memori penuh sehingga tidak bisa memasang aplikasi yang banyak. Maka dari itu, perhatikan dan selalu ingat dengan baik bagaimana cara memperkecil ukuran PDF tanpa menggunakan aplikasi berikut ini:

1. Menggunakan Fitur Microsoft Word

Ini adalah cara termudah untuk memperkecil ukuran file PDF. Saat ini, hampir semua orang yang memiliki perangkat PC, laptop, maupun smartphone pasti juga memiliki aplikasi Microsoft Word. Jadi, untuk kamu yang sudah memiliki aplikasi ini, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi lain untuk melakukan metode ini.

Cara memperkecil ukuran PDF dengan menggunakan fitur Microsoft Word terbilang cukup mudah dan praktis. Maka dari itu, banyak orang yang memilih jalan ini untuk memperkecil ukuran data dari file PDF-nya. Berikut adalah tahapan untuk memperkecil ukuran PDF dengan menggunakan fitur Microsoft Word:

  • Buka file dengan format PDF di aplikasi Microsoft Word milikmu dengan menggunakan opsi “Open” di menu “File”. Jika tahapan tersebut terdapat kendala, maka kamu juga bisa men-drag file tersebut ke lembar kerja Word untuk membukanya.
  • Jika file sudah berhasil terbuka, sekarang kamu bisa mengklik opsi “File” dan klik opsi lainnya yang bertuliskan “Save As”.
  • Setelah itu masuk ke menu “Dropdown” jenis file, dan disini kamu pilih format
  • Jika sudah, sekarang kamu perlu mencari opsi “Optimize for” untuk memperkecil ukuran dari file

  • Dalam hal ini, kamu perlu memilih opsi ukuran yang paling kecil, yaitu “Minimum Size (Publishing Online)”.
  • Selesai, sekarang kamu hanya perlu menyimpan data tersebut, dan file PDF tersebut sudah berhasil terkompres.

2. Menggunakan Situs ILovePDF

Di era digital yang semakin Fikrirasy.ID seperti sekarang ini, kamu sudah bisa melakukan semua kegiatan hanya dengan mengandalkan internet saja. Hal ini juga berlaku ketika kamu sedang mencari cara memperkecil ukuran PDF yang mudah.

Sekarang, sudah ada banyak situs gratis yang memberikan layanan kompres PDF dengan mudah, dan salah satunya adalah ILovePDF. Kamu bisa mengakses situs ini secara gratis dan praktis. Lalu, bagaimana cara memperkecil ukuran PDF dengan menggunakan situs ILovePDF? Berikut tahapan lengkapnya:

  • Akses atau buka situs resmi ILovePDF di aplikasi browser yang ada di perangkatmu.
  • Setelah itu, kamu bisa memilih menu yang bertuliskan “Compress PDF”, dijamin kamu bisa dengan mudah menemukan menu ini.
  • Kemudian pilih dan klik opsi “Select PDF File” untuk mengunggah file atau dokumen PDF yang ingin kamu kompres.
Baca juga:   11 Aplikasi Edit Foto Kekinian untuk Android & Iphone

Kemudian-pilih-dan-klik-opsi-Select-PDF-File-untuk-mengunggah-file-atau-dokumen-PDF-yang-ingin-kamu-kompres

  • Jika dokumen sudah berhasil terunggah dan tidak ada kendala lainnya, maka sekarang kamu bisa melihat 3 pilihan kompresi, yaitu kompresi dengan kualitas rendah, sedang/bagus, dan juga tinggi. Dalam tahapan ini, kamu bisa memilih ukuran kualitas yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Setelah memilih ukuran kualitas yang sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa langsung mengklik opsi “Compress PDF” dan tunggu selama beberapa saat.
  • Setelah menunggu sampai proses selesai, sekarang dokumen tersebut sudah secara otomatis terunduh ke perangkat yang kamu gunakan. Jadi, kamu bisa langsung mencarinya di folder “Download” yang ada di perangkatmu tersebut.

3. Menggunakan Situs Freepdfconvert

Fitur-fitur yang ada di situs Freepdfconvert juga dijamin dapat membantumu dalam memperkecil ukuran file PDF milikmu. Metodenya pun tidak kalah mudah dengan cara-cara sebelumnya, sehingga kamu tidak perlu khawatir terkait hal ini.

Yang terpenting, kamu memiliki kualitas jaringan internet yang stabil, maka kamu bisa mengakses situs ini untuk memperkecil ukuran PDF dengan mudah. Maka dari itu, simak dengan baik tahapan-tahapannya berikut ini:

  • Akses atau buka situs Freepdfconvert pada perangkat yang akan kamu gunakan.
  • Jika sudah berhasil masuk ke halaman utama situs ini, kamu bisa langsung mengklik opsi “Choose File” untuk memilih dan mengunggah dokumen yang ingin kamu perkecil ukurannya.
  • Untuk kamu yang ingin memperkecil ukuran dokumen PDF dari Google Drive atau Drobbox, maka kamu bisa memilih ikon dari kedua aplikasi tersebut. Biasanya, ikon ini akan terletak di bawah opsi “Choose File”.

Untuk-kamu-yang-ingin-memperkecil-ukuran-dokumen-PDF-dari-Google-Drive-atau-Drobbox-maka-kamu-bisa-memilih-ikon-dari

  • Ketika dokumen sudah berhasil terunggah, sekarang kamu bisa langsung melanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu dengan mengklik menu “Compress”.
  • Setelah mengklik menu “Compress”, maka nanti kamu akan dilihatkan 3 jenis pilihan kompresi, yaitu rendah, sedang/bagus, dan juga tinggi. Dalam hal ini, kamu perlu memilih ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Jika sudah, sekarang kamu bisa menekan tombol “Compress PDF”, dan kamu tinggal menunggu sampai proses tersebut selesai.
  • Berhasil, sekarang kamu tinggal mengunduh file tersebut dengan mengklik tombol “Download”.

4. Menggunakan Situs PDF2GO

Situs ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia yang gemar mencari cara memperkecil ukuran PDF dengan mudah. Sebab, situs ini memberikan fitur-fitur Fikrirasy.ID yang dapat membantumu untuk memperkecil ukuran PDF sesuai kebutuhan.

Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut kami berikan beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan untuk memperkecil ukuran PDF dengan menggunakan fitur di situs PDF2GO, yaitu:

  • Akses atau buka situs PDF2GO dengan menggunakan aplikasi browser yang ada di perangkatmu.
  • Jika sudah berhasil mengakses halaman utamanya, kamu bisa langsung memilih menu “Compress PDF”.
  • Kemudian, kamu perlu mengunggah dokumen PDF yang ingin kamu kompres. Dalam hal ini, kamu perlu mengklik opsi “Choose File” atau “Pilih File”. Pastikan kamu memilih dokumen yang benar.

Kemudian-kamu-perlu-mengunggah-dokumen-PDF-yang-ingin-kamu-kompres.-Dalam-hal-ini-kamu-perlu-mengklik-opsi

  • Setelah dokumen berhasil terunggah, umumnya kamu akan diberikan 3 pilihan jenis kompresi yang berupa basic, strong, dan choose from preset. Pastikan kamu memilih jenis kompresi yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Tunggu sampai proses berhasil dilakukan, dan klik tombol “Download” atau “Download” jika proses tersebut sudah selesai.
  • Setelah mengunduh file tersebut, sekarang kamu bisa mencarinya di folder “Download” yang ada di perangkat yang sedang kamu gunakan.

5. Menggunakan Adobe Acrobat

Untuk memperkecil ukuran dokumen PDF, kamu juga bisa memanfaatkan fitur yang ada di Adobe Acrobat. Dalam hal ini, kamu perlu mengakses situs resminya terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah tahu apa alamat situs resmi dari Adobe Acrobat.

Baca juga:   3 Cara Bug Mobile Legends Skin Gratis Yang Bisa Kalian Coba

Cara memperkecil ukuran PDF dengan menggunakan Adobe Acrobat ini, bisa dibilang tidak kalah mudah dengan cara-cara sebelumnya. Ingin tahu bagaimana tahapan lengkapnya? Berikut kami berikan informasinya:

  • Akses atau buka situs resmi Adobe Acrobat dengan menggunakan perangkat yang tersambung di internet.
  • Ketika layar di depanmu sudah menunjukkan halaman utama dari situs ini, sekarang kamu perlu memilih menu yang bernama “PDF & E-Signatures”. Biasanya, menu ini akan terletak di bagian atas.
  • Kemudian pilih menu “Online Tools” untuk melanjutkan ke tahapan kompresi file
  • Karena disini kamu perlu memperkecil ukuran file PDF yang kamu miliki, jadi kamu bisa memilih opsi “Compress PDF” atau “Try Now”.

Karena-disini-kamu-perlu-memperkecil-ukuran-file-PDF-yang-kamu-miliki-jadi-kamu-bisa-memilih-opsi-Compress-PDF

  • Untuk mengunggah dokumen yang ingin kamu kompres, kamu bisa mengklik opsi “Select a File” pada opsi “Set Compression Level”.
  • Dalam tahapan ini, kamu perlu memilih jenis kompresi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Nanti, kamu akan diberi pilihan antara medium compression, high compression, dan tidak ketinggalan low compression.
  • Jika sudah, sekarang kamu hanya perlu mengklik tombol “Compress” dan tunggu sampai proses selesai.
  • Ketika proses kompresi tersebut sudah selesai, sekarang kamu bisa langsung mengunduh file tersebut dengan mengklik tombol “Download”.

6. Menggunakan Situs PDF Compressor

Cara memperkecil ukuran PDF yang keenam bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di situs PDF Compressor. Tahapan yang harus kamu lakukan disini, tidak kalah mudah dengan tahapan-tahapan sebelumnya.

Hanya dengan berkunjung dan mengakses situs ini, kamu sudah bisa memperkecil ukuran file PDF sesuai dengan kebutuhanmu. Bahkan, untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di situs ini, kamu tidak perlu berbekal ilmu khusus, selagi kamu memahami cara-caranya berikut ini:

  • Akses atau buka situs PDF Compressor melalui perangkat yang kamu gunakan.
  • Jika kamu sudah berhasil masuk ke halaman utama dari situs ini, sekarang kamu bisa mengklik opsi “Unggah File” untuk mengunggah dokumen yang ingin kamu kompres ukurannya.

Jika-kamu-sudah-berhasil-masuk-ke-halaman-utama-dari-situs-ini-sekarang-kamu-bisa-mengklik-opsi

  • Setelah dokumen telah berhasil terunggah, sekarang kamu bisa menunggu sampai proses kompres selesai dilakukan.
  • Ketika dokumen sudah berhasil terkompres dengan ukuran yang tepat, sekarang kamu hanya perlu mengunduh dokumen tersebut supaya bisa diakses secara offline. Cara mengunduh dokumen tersebut adalah dengan mengklik tombol “Download” atau “Download”.
  • Jika kamu tidak ingin mengunduh dan menyimpannya di perangkatmu, dan kamu ingin langsung membagikannya ke media sosial atau email milikmu, maka kamu bisa mengklik ikon bagikan dan pilih tujuan yang kamu inginkan.

7. Menggunakan Situs SmallPDF

Untuk cara memperkecil ukuran PDF yang terakhir adalah, kamu bisa menggunakan fitur yang ada di dalam situs SmallPDF. Situs ini bisa kamu akses secara gratis, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus kamu keluarkan.

Cara-caranya sendiri akan mirip dengan cara-cara yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Hanya saja, karena situs ini berbeda dengan situs-situs sebelumnya, tentu ada beberapa tahapan yang cukup berbeda. Maka dari itu, perhatikan dengan baik cara-caranya di bawah ini:

  • Akses atau buka situs resmi SmallPDF pada perangkatmu.
  • Untuk mengunggah dokumen yang ukurannya ingin kamu kompres, kamu perlu mengklik tombol “Choose File” yang ada di tengah layar.

Untuk-mengunggah-dokumen-yang-ukurannya-ingin-kamu-kompres-kamu-perlu-mengklik-tombol-Choose-File-yang-ada-di-tengah-layar

  • Setelah dokumen berhasil terunggah, sekarang kamu bisa melanjutkan tahapannya dengan menunggu sampai proses kompres tersebut selesai dilakukan.
  • Jika proses kompres telah berhasil dilakukan, maka kamu akan diperlihatkan tentang informasi lengkap terkait berapa persen dari dokumen yang asli dengan dokumen yang telah dikompres. Sehingga, dalam hal ini kamu bisa melihat sendiri berapa ukuran baru dari dokumen tersebut.
  • Jika sekiranya semua sudah sesuai dengan kebutuhanmu, maka kamu bisa langsung mengunduh file tersebut dengan mengklik tombol “Download”.
Baca juga:   5 Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS (Berhasil)

Alasan Mengapa File PDF harus Dikompres

Ada beberapa alasan tertentu yang membuatmu harus mengetahui cara memperkecil ukuran PDF secara tepat. Sebab, umumnya file PDF akan memiliki ukuran yang terlalu besar, sehingga dokumen yang berukuran besar ini cukup sulit untuk dilampirkan dan dikirimkan lewat email maupun aplikasi pesan.

Namun, kendala seperti ini bisa diatasi dengan mengecilkan ukuran tersebut. Dengan mengikuti salah satu cara memperkecil ukuran PDF yang ada di atas, kamu bisa lebih mudah mengirim file tersebut melalui email maupun aplikasi pesan. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya juga yang antara lainnya adalah:

1. Lebih Mudah Diunggah maupun Diunduh

Lebih-Mudah-Diunggah-maupun-Diunduh

Ini adalah manfaat yang paling menguntungkan bagi kita semua. Dengan menerapkan cara memperkecil ukuran PDF di atas, kamu bisa lebih mudah menggunggah file tersebut ke email, media sosial, maupun aplikasi pesan tertentu.

Selain itu, dengan memperkecil ukuran PDF ini, kamu atau pihak lain yang membutuhkan file ini juga bisa dengan mudah mengunduhnya. Sebab, ukurannya tidak terlalu besar sehingga untuk mengunduhnya kamu tidak akan menghabiskan waktu yang lama.

2. Dapat Berkolaborasi secara Lebih Efisien

Dapat-Berkolaborasi-secara-Lebih-Efisien

Ketika ukuran file akan rendah atau kecil, maka hal ini juga dapat membantumu dalam berkolaborasi dengan anggota tim lainnya secara lebih efisien. Hal ini tentu berbeda ketika kamu mengunggah file yang berukuran terlalu besar, maka akan terjadi kesulitan yang harus dilakukan oleh anggota tim lainnya.

Bisa saja terjadi kendala ketika proses pengunduhan, atau bisa juga terjadi kendala ketika sedang melihat isi dari dokumen tersebut. Semua kendala ini bisa diatasi dengan melakukan cara memperkecil ukuran PDF yang ada di atas.

Selain bisa lebih praktis, ukuran dokumen PDF yang kecil juga dapat mempermudahmu dalam menjalin komunikasi yang jelas bersama semua anggota tim.

3. Membuat Konten Lebih Efektif

Membuat-Konten-Lebih-Efektif

Keefektifan dari dokumen PDF yang berukuran kecil bukan hanya terletak di kemudahan pengirimannya saja, tapi dalam hal lainnya pun juga akan terasa lebih efektif. Apalagi, biasanya masing-masing perusahaan juga akan memberikan peraturan yang berbeda mengenai ukuran file yang harus dikirimkan.

Sebagai karyawan yang mengerjakan tugas tersebut, tentu kamu wajib memenuhi peraturan tersebut dengan baik. Jadi, jika ukuran file PDF milikmu itu belum sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan atau dalam arti lainnya adalah masih terlalu besar, maka kamu bisa mengecilkan ukuran tersebut terlebih dulu.

Semua cara memperkecil ukuran PDF yang ada di atas sangatlah mudah untuk dilakukan. Jadi, semua orang, tanpa melihat kalangan usia masing-masing, pasti bisa mengikuti cara-cara tersebut untuk memperkecil ukuran file PDF yang dimilikinya. Selalu ingat cara-cara di atas dengan baik, supaya ketika kamu membutuhkannya atau perlu memperkecil ukuran file PDF yang kamu miliki, kamu sudah bisa langsung melakukannya dengan mudah.

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 7 Cara Memperkecil Ukuran PDF di Word dan Tanpa Aplikasi Dari Situs Fikrirasy ID

https://saltbricktavernnyc.com