Lompat ke konten

14 Aplikasi Edit Video HP Gratis untuk Android & Iphone

Kinemaster


Tigaraksa – Aplikasi edit video HP banyak digunakan untuk melakukan penyuntingan berbagai jenis konten. Jadi meski tidak menggunakan laptop atau komputer sekalipun, kamu masih bisa melakukan proses penyuntingan dengan baik. Bahkan, bisa membuat berbagai jenis konten dengan lebih cepat dan mudah.

Dengan menggunakan aplikasi edit video HP, kamu bisa menjadi seorang youtuber tanpa harus memiliki gadget yang sempurna. Yang dibutuhkan adalah bagaimana bisa melakukan proses penyuntingan dengan baik dan melakukan proses posting secara rutin. Dengan begitu YouTube bisa berkembang dengan baik.

Untuk mengetahui apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan proses penyuntingan dari HP. Ada baiknya untuk menyimak beberapa rekomendasi yang akan dibahas di bawah ini. Kamu bisa mengetahui apa saja aplikasi yang bisa digunakan baik itu berjanji gratis atau premium.

Aplikasi Edit Video HP

Aplikasi edit video HP tersedia di luar sana dalam kondisi gratis maupun berbayar. Apabila kamu ingin menggunakannya untuk melakukan proses penyuntingan berbagai jenis video, gunakan salah satu yang tersaji di bawah ini.

1. Kinemaster

Aplikasi edit pertama yang bisa digunakan adalah kinemaster. Aplikasi ini memiliki 2 versi dan semuanya bisa digunakan. Pertama adalah aplikasi gratis yang umumnya memiliki fitur yang terbatas serta aset di dalamnya dibatasi.

Kinemaster memiliki kemampuan untuk melakukan penyuntingan layaknya dengan aplikasi edit video di PC. Itu yang ada di dalamnya sangat lengkap sehingga kamu bisa melakukan apa pun mulai dari penyuntingan standar hingga penyuntingan dengan berbagai efek.

Aplikasi ini harus digunakan dalam bentuk premium agar bisa dimaksimalkan seluruh fungsinya. Tetapi jika ingin menggunakan untuk latihan saja sebenarnya sudah cukup. Apabila sudah memahami seluruh fitur atau fungsi ada di dalamnya barulah bisa membeli garasi premium.

Di luar sana sebenarnya ada Banyak sekali versi aplikasi modifikasi yang bisa digunakan. Tetapi sangat disarankan untuk membeli versi yang asli sehingga kamu tidak perlu download file APK.

2. Vivavideo

Vivavideo

Dibandingkan dengan berbagai jenis aplikasi edit video HP yang ada di luar sana. Aplikasi VivaVideo adalah salah satu yang paling mudah untuk digunakan. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sangat sederhana dan akan membantu seorang pemula untuk membuat video pendek dengan cepat dan mudah.

Selain itu aplikasi juga menawarkan banyak sekali fitur menarik untuk melakukan proses penyuntingan. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis filter yang sudah disediakan di sini. Selanjutnya bisa memodifikasi sesuai dengan kemampuan.

Yang cukup disayangkan dari versi gratis aplikasi ini adalah tersedianya Watermark. Jadi video yang kamu gunakan tidak akan bisa terlihat profesional. Untuk menghilangkan itu harus menggunakan aplikasi jenis premium yang asli atau bisa juga menggunakan aplikasi modifikasi yang berisiko.

3. WeVideo

WeVideo

Berbeda dengan 2 aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya. WeVideo adalah salah satu aplikasi yang biasanya digunakan untuk melakukan pembuatan video pendek. Nisa kamu buat video pendek durasi beberapa detik saja untuk keperluan media sosial ataupun Tik Tok.

Meski hanya digunakan untuk melakukan penyuntingan video pendek. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini sebenarnya cukup lengkap. Kamu bisa membuat video yang awalnya sederhana saja menjadi lebih menarik dengan filter yang sediakan.

Selain itu aplikasi gratis ini juga bisa digunakan untuk menambahkan elemen audio sesuai dengan kebutuhan. Jadi kamu bisa menambahkan audio yang berasal dari aplikasi itu sendiri atau bisa juga menambahkan audio hasil rekaman sendiri yang sudah dibuat sebelumnya.

4. YouCut

YouCut

Aplikasi ini masih dibuat oleh perusahaan sama yang menghasilkan aplikasi inshot. Berbeda dengan aplikasi inshot yang banyak digunakan untuk membuat video dengan durasi yang cukup panjang. Aplikasi ini digunakan untuk membuat video dengan durasi yang pendek.

Meski demikian sebenarnya kamu masih bisa membuat video dengan durasi panjang memakai aplikasi ini. Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah filter yang digunakan ada banyak dan bisa membuat tampilan dari video menjadi menarik dalam waktu yang cepat.

Selain itu antarmuka dari aplikasi juga sangat sederhana dan juga terlihat segar. Jadi meski baru pertama menggunakannya Kamu tidak akan kesulitan untuk memakai berbagai jenis fitur yang ada. Setelah proses edit selesai maka kamu bisa langsung menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

5. Power Director

Power-Director

Saingan terberat aplikasi kinemaster adalah powerdirector. Aplikasi yang sama-sama berjenis premium ini bisa digunakan untuk melakukan proses penyuntingan video dengan kualitas yang baik. Bahkan kamu bisa melakukan penyuntingan video layaknya menggunakan aplikasi pada komputer.

Kelebihan dari aplikasi power director adalah memiliki banyak sekali fitur yang bisa digunakan untuk membuat tampilan video menjadi menarik. Bahkan saking banyaknya beberapa orang sering sekali merasa kebingungan harus menggunakan fitur apa agar videonya terlihat menarik.

Kelebihan kedua dari aplikasi ini adalah tidak perlu menggunakan ponsel dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. Meski menggunakan spesifikasi standar sekali pun masih bisa digunakan.

6. Videoshop

Videoshop

Video shop merupakan aplikasi yang biasanya digunakan untuk penyuntingan video dengan kualitas yang baik. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat video pendek ataupun video panjang sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi bisa digunakan secara gratis dan diunduh secara langsung pada Play Store. Apabila ingin menggunakan aplikasi ini disarankan untuk membersihkan terlebih dahulu memori yang ada pada ponsel agar instalasi tidak terganggu.

7. PicPlayPost

PicPlayPost

Aplikasi ini normalnya digunakan untuk membuat video pendek atau gambar dengan sedikit gerakan. Itulah kenapa spesifikasinya tidak perlu Terlalu tinggi karena dengan RAM dan juga memori internal standar saja masih bisa dipakai untuk penyuntingan.

Apabila ingin menggunakan aplikasi ini disarankan untuk memilih video dengan kualitas yang baik. Apabila memilih video yang terlalu standar hasilnya tidak akan bisa maksimal.

8. Quik

Quik

Seperti namanya aplikasi ini memang digunakan untuk melakukan proses penyuntingan video secara cepat. Itulah kenapa banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi ini untuk menyeting video pendek.

Berbagai jenis fitur yang ada di dalamnya sudah cukup lengkap untuk melakukan proses penyuntingan sederhana. Jadi video nantinya kamu posting pada media sosial masih memiliki kualitas yang baik dan tidak berantakan.

9. FilmoraGo

FilmoraGo

Filmora merupakan salah satu aplikasi edit video yang hadir dalam dua bentuk. Apabila kamu sudah terbiasa melakukan penyuntingan dengan menggunakan komputer atau PC. Aplikasi filmorago kemungkinan besar sudah tidak asing lagi.

Versi ponsel dari aplikasi tersebut akhirnya dirilis dan bisa digunakan oleh semua orang. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan proses penyuntingan dengan menggunakan berbagai jenis filter yang menarik. Selain itu bisa juga mengganti musik dan latar belakang.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis tetapi apabila ingin menggunakan versi penuh harus membayar. Apabila kamu masih baru mencoba disarankan untuk memakai versi gratis lebih dahulu. Selanjutnya baru membeli premium.

10. Magisto

Magisto

Aplikasi magisto juga diandalkan oleh sebagian besar orang untuk melakukan proses penyuntingan berbagai jenis video. Baik melakukan penyuntingan video pendek ataupun video panjang masih bisa dilakukan. Apalagi fitur yang ada di dalamnya juga sangat lengkap.

Aplikasi magisto bisa digunakan secara gratis dan diunduh secara langsung pada Play Store. Biasanya aplikasi yang gratis masih bisa digunakan untuk melakukan penyuntingan dengan berbagai jenis efek yang menarik. Apabila ingin menggunakan berbagai jenis efek yang ada di dalamnya memang harus membeli versi premium.

11. Inshot

Inshot

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika Inshot adalah salah satu aplikasi untuk membuat video panjang yang cukup mudah untuk digunakan. Apalagi aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga sebagian besar ponsel kelas menengah ke atas bisa menggunakannya.

Kemampuan yang dimiliki oleh Inshot sebenarnya cukup banyak khususnya digunakan untuk melakukan penyuntingan kelas atas. Jadi video yang nantinya dihasilkan bisa diposting untuk kebutuhan media sosial seperti YouTube untuk kamu yang menjadi seorang youtuber.

Dengan hanya berbekal aplikasi ini saja kamu bisa menjalani karir sebagai youtuber dengan baik. Yang paling penting adalah proses penyuntingan bisa berjalan dengan lancar. Selanjutnya konten yang ada di jalannya juga menarik sehingga akan semakin ditunjang dengan proses penyuntingan yang sempurna.

12. iMovie

iMovie

Melakukan mendingan dengan menggunakan aplikasi ini sangat mudah untuk dilakukan. Dengan antarmuka yang sangat sederhana aplikasi ini cocok sekali untuk mereka yang masih sangat pemula.

Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan proses penyuntingan pada ponsel dengan spesifikasi rendah. Artinya dengan spesifikasi sederhana sekalipun kamu masih bisa melakukan penyuntingan dengan baik.

13. Adobe Premiere Rush

Adobe-Premiere-Rush

Adobe Premiere juga bisa digunakan untuk melakukan proses penyuntingan. Karena berasal dari pengembang Adobe secara fungsi tidak perlu dilakukan lagi. Aplikasi bisa berjalan dengan sangat baik dan sempurna. Bahkan bisa menyamai versi yang ada pada komputer atau PC.

Karena dikembangkan sendiri oleh pihak dari Adobe. Apabila ingin menggunakan aplikasi ini ada baiknya untuk selalu memperhatikan jenis ponsel yang dipakai. Paling tidak menggunakan RAM yang cukup tinggi dan bersedia memori internal dalam jumlah cukup besar.

14. Funimate

Funimate

Aplikasi edit video HP terakhir yang bisa digunakan bernama Funimate. Seperti namanya aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat video pendek khususnya yang berhubungan dengan video lucu atau penyuntingan yang menarik.

Biasanya video yang lucu dengan efek Tertentu bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi ini. Jadi kamu bisa membuat video pendek dengan menarik lalu hasilnya bisa langsung dibagikan ke media sosial yang sudah didukung. Jadi tidak perlu melakukan pengunggahan secara manual.

Aplikasi juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal. Yang paling penting sudah menggunakan RAM 2GB saja cukup untuk melakukan proses edit.

Tips Memilih Aplikasi Edit Video HP

Tips-Memilih-Aplikasi-Edit-Video-HP

Memilih aplikasi edit video HP tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu harus mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Perhatikan Spesifikasi HP

Hal pertama yang harus dilakukan apabila ingin menggunakan aplikasi edit video HP adalah memperhatikan spesifikasi dari ponsel yang digunakan. Kamu tidak bisa menggunakan sekarang ponsel untuk memasang aplikasi karena bisa saja membuat aplikasi itu tidak berjalan.

Itulah kenapa tidak ada salahnya Untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu terkait dengan jenis HP yang digunakan. Selanjutnya kamu bisa memilih berbagai jenis aplikasi yang ingin dipakai. Selanjutnya bandingkan apakah spesifikasi yang dibutuhkan sudah setara atau lebih baik.

Apabila aplikasi yang nantinya digunakan sudah lebih baik maka bisa langsung dipasang. Sebaliknya jika spesifikasinya cenderung lebih rendah maka bisa memilih aplikasi yang lain. Intinya jenis ponsel yang digunakan harus mampu untuk memasang aplikasi dengan spesifikasi jenis apapun.

2. Baca Fitur yang Dimiliki

Terkadang seseorang memasang aplikasi untuk edit video karena memiliki beberapa fitur unggulan. Misal fitur yang bisa digunakan untuk mempercepat atau memperlambat Fikrirasy.ID dari video itu sendiri. Selain itu ada juga fitur yang bisa digunakan untuk mengubah latar belakang dan juga Fikrirasy.ID.

Sebelum melakukan pemasangan kamu disarankan untuk membaca terlebih dahulu spesifikasi dari masing-masing aplikasi yang akan digunakan. Paling tidak kamu harus memilih dua aplikasi terlebih dahulu untuk dibandingkan dan dicari kira-kira mana yang paling baik.

Apabila sudah menemukan aplikasi yang paling baik untuk ponsel. Selanjutnya bisa langsung melakukan pemasangan. Pastikan jika ponsel yang digunakan juga mampu untuk membuka dan menjalankan berbagai jenis aktivitas penyuntingan video.

3. Lakukan Uji Coba

Terkadang setelah mengetahui jika ponsel tersebut bisa digunakan untuk memasang aplikasi itu. Saat digunakan ternyata tidak bisa berjalan secara maksimal. Selain itu beberapa fitur pada aplikasi juga tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Akhirnya, kamu jadi sulit untuk menyunting berbagai jenis video.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sangat disarankan untuk melakukan proses uji coba terlebih dahulu. Uji coba dilakukan dengan memasang setidaknya dua aplikasi pada ponsel. Setelah itu baru digunakan untuk melakukan proses penyuntingan 1 video pendek.

Dari 2 aplikasi yang digunakan kira-kira mana yang paling mudah. Kebutuhan ini bisa dilihat dari antarmuka yang sederhana sehingga kamu bisa melakukan proses penyuntingan dengan baik. Apabila sudah menemukan maka bisa digunakan dan aplikasi lain bisa langsung dilepas.

4. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Jangan terlalu memaksakan diri dengan memasang aplikasi pada Android padahal tidak mampu digunakan untuk aplikasi tersebut. Meski masih bisa digunakan untuk melakukan penyuntingan kemungkinan besar akan lemot dan bisa menyebabkan ponsel jadi terganggu.

Daripada menggunakan aplikasi yang malah menyebabkan masalah lebih lanjut. Tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi yang paling sederhana. Asal kamu memahami berbagai jenis fitur yang ada di dalamnya. Kemungkinan besar tidak perlu menggunakan aplikasi lain. Maksimalkan saja apa yang sudah ada.

5. Jangan Pakai Aplikasi Mod

Beberapa aplikasi untuk melakukan edit video harus menggunakan akun premium agar bisa memanfaatkan seluruh fitur yang ada di dalamnya. Jika tidak aplikasi yang digunakan akan memiliki fitur terbatas sehingga proses pengeditan atau penyuntingan tidak bisa berjalan secara maksimal.

Beberapa orang sering menggunakan aplikasi modifikasi dari aplikasi penyunting tersebut. Sayangnya aplikasi itu tidak bisa digunakan secara maksimal meski seluruh aset yang ada di dalamnya sudah terbuka.

Masih aplikasi bisa digunakan untuk melakukan edit secara penuh. Masih ada satu risiko yang akan ditanggung oleh para penggunanya. Risiko itu adalah aplikasi yang bisa saja memberikan virus atau Malware berbahaya.

Aplikasi edit video HP sangat bermanfaat dalam pembuatan konten. Jadi, Tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu lalu digunakan untuk melakukan pembuatan konten. Konten yang bisa dibuat ada banyak mulai dari video pendek hingga video panjang asalkan bisa disunting dengan sempurna.

Biasanya aplikasi yang digunakan untuk edit video memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Disarankan untuk melakukan edit video dengan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan jenis HP. Apabila aplikasi tersebut terlalu tinggi spesifikasinya bisa membuat konsep menjadi lemot bahkan saat melakukan proses penyuntingan tidak bisa dilakukan.

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 14 Aplikasi Edit Video HP Gratis untuk Android & Iphone Dari Situs Fikrirasy ID


https://saltbricktavernnyc.com

Baca juga:   Film Bokeh Full Bokeh Lampu Bokeh Video HD Tanpa Sensor Youtube